12 August 2021

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi di Masa Muda

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi di Masa Muda

Mengatur keuangan untuk bekal masa depan menjadi pondasi penting dalam kehidupan. Sayang sekali rasanya kalau pemasukan kita selalu dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masa kini.

 

Target, tekad dan konsisten adalah 3 hal utama yang harus kita punya. Namun, yang tak kalah penting ada beberapa ‘jurus jitu’ yang bisa dipraktikkan supaya keuangan pribadi di masa muda aman terkendali. Gimana caranya ya?

 

1. Pisahkan Rekening Tabungan dan Kebutuhan

Ini jurus paling basic ya. Pisahkan dana tabungan dan kebutuhan, supaya lebih mudah mengontrol pengeluaran. Hal ini juga menghindari kemungkinan dana tabungan kamu terpakai untuk kebutuhan bulanan. 

    

 

2. Catat Pengeluaran Rutin

Penting untuk kamu mengetahui apa saja pengeluaran rutin bulanan. Sehingga kita bisa mengevaluasi apakah pemasukan kamu lebih besar atau lebih kecil dari pengeluaran.

 

Selain pengeluaran rutin, alangkah baiknya kalau kamu juga mencatat pengeluaran tahunan yang biayanya lumayan besar. Misalnya, pengeluaran servis motor 2 bulan sekali atau biaya mudik ke kampung halaman.

 

3. Cari Side-Job atau Buka Usaha

Untuk menambah pemasukan sekaligus mengasah skill, kamu bisa mulai mengasah skill dengan mencari pekerjaan sampingan ataupun mulai membuka usaha. Saat ini banyak pilihan pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan di rumah.

 

Ingat! Ini adalah usaha atau pekerjaan sampingan, jadi jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kamu ya.

 

4. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Gunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian barang-barang konsumtif yang memang darurat perlu dimiliki, ataupun untuk berlangganan aplikasi tertentu.

 

Prioritaskan untuk membeli barang secara tunai agar mengurangi beban cicilan atau tagihan yang menumpuk. Jika masih bisa menunda pembelian, lebih baik menunda di bulan berikutnya. Pastikan kembali ke skala prioritas kebutuhan dibandingkan keinginan ya. 

 

5. Pilih Produk Bank yang Tepat

Supaya jurus di point pertama terealisasikan, pilih jenis produk bank sesuai dengan penggunaannya. Misalnya tabungan untuk digunakan menyimpan dana rutin bulanan dan deposito untuk menyimpan dana cadangan yang memang tidak akan di pakai untuk keperluan rutin. 

 

Tabungan kita gunakan agar mudah bertransaksi, deposito kita gunakan agar simpanan tidak terpakai untuk belanja dan mendapatkan bunga yang lebih tinggi. Dimasa pandemik ini kita bisa manfaatkan layanan deposito online misalnya DepositoGo dari BPRLestari Bali. Dengan DepositoGo segera kita bisa melakukan penempatan deposito secara online darimana saja kapan saja, tanpa perlu ke bank.

Ingin coba DepositoGo sekarang? Klik disini yuk!


BERITA LAINNYA

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi di Masa Muda

Beda Cicilan Beda Tanggal Bayar: Bagaimana Cara Mengaturnya?

Punya cicilan di berbagai fasilitas bank memang bikin kita harus pintar dalam menerapkan manajemen utang dengan baik. Sayangnya, kalau sedikit saja kita lengah maka urusan cicilan ini bisa jadi... Selengkapnya

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi di Masa Muda

Hari Pangan Sedunia, Lestari Group Distribusikan 5,5 Ton Beras

Hari Pangan Sedunia yang selalu diperingati setiap bulan Oktober adalah momentum internasional untuk melakukan “aksi melawan kelaparan”.    Melalui program Lestari For... Selengkapnya

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi di Masa Muda

Tips Kelola Cicilan dengan Bunga Ringan

Mengelola keuangan tidak sebatas mengatur pemasukan dan pengeluaran, tapi juga mengelola cicilan dan utang secara bijak.   Kenapa harus bijak? Karena, kalau kita tidak bijak bisa saja... Selengkapnya