20 September 2023

Tips Menyiapkan Kamar yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak

Tips Menyiapkan Kamar yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak tentunya jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Anak yang punya tumbuh kembang baik tentunya akan lebih cerdas dan sehat baik secara psikis maupun fisik. 

 

Salah satu faktor yang mendukung tumbuh kembang anak adalah adanya kebebasan ruang gerak anak untuk mengeksplorasi dirinya. Hal ini pun tentunya dimulai dari adanya kamar yang ideal bagi anak untuk belajar dan bermain. 

 

Bagi Anda yang saat ini sedang punya anak ataupun menunggu kelahiran anak, bisa persiapkan kamar yang ideal untuk tumbuh kembang anak mulai dari sekarang. Seperti apa sih kamar yang ideal untuk tumbuh kembang anak? Cek di sini yuk!

 

1. Pilih Warna Dinding Kamar yang Bisa Menstimulasi Kecerdasan Anak 

Semua orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas. Ternyata, pilihan warna dinding kamar anak juga berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak. 

Ada beberapa warna yang bagus untuk hal ini yaitu warna kuning, oranye, biru, dan hijau. Anda bisa pilih warna yang sesuai dengan warna furniture yang akan ditempatkan di kamar anak Anda atau sesuaikan dengan warna favoritnya. 

 

2. Pisahkan Spot Belajar dan Bermain 

Kamar yang ideal untuk tumbuh kembang anak adalah kamar yang bisa mengakomodasi kebutuhan anak baik untuk bermain maupun belajar. Sebaiknya, spot belajar dan bermain dipisahkan saja agar anak bisa memposisikan diri kapan waktu belajar, waktu bermain, maupun waktu beristirahat. 

Sebaiknya, spot belajar untuk anak diletakan di dekat jendela, supaya sirkulasi udara lebih baik sehingga sirkulasi oksigen ke otak juga lebih baik. Hal ini pun membuat anak lebih fokus dan kreatif memecahkan masalah saat belajar. Sementara, spot bermain bisa ditempatkan di tengah ruangan supaya anak bisa lebih leluasa saat mengeksplor permainan kesukaannya. 

 

3. Pilih Furniture Minimalis dan Compact

Anak biasanya butuh ruangan yang lebih luas untuk aktivitas yang mendukung tumbuh kembangnya. Tapi kalau rumah Anda tidak terlalu besar, sebaiknya pilih furniture minimalis dan compact supaya bisa lebih hemat ruangan. 

Anda juga bisa pasang beberapa rak dinding untuk menaruh beberapa barang seperti buku dan mainan-mainan anak agar tertata lebih rapi tanpa menghabiskan banyak tempat.  

 

4. Prioritaskan Keamanan Anak 

Tidak hanya nyaman, pastikan juga keamanan anak Anda saat berada di dalam rumah. Berhati-hatilah dalam menempatkan sudut tajam, kabel, arus listrik, hingga ketinggian tempat tidur maupun kamar anak. 

Sebaiknya, masalah keselamatan anak ini sudah diperhatikan sejak Anda membeli rumah. Cek mengecek kabel, arus listrik, dan ketinggian kamar anak. 
Sebenarnya lebih aman jika kamar anak berada di lantai 1, terutama jika anak Anda masih berusia di bawah 10 tahun.

Tujuannya agar terhindar dari resiko cedera saat menuruni tangga dan lebih mudah menyelamatkan diri jika terjadi hal-hal di luar kuasa seperti bencana alam atau kebakaran. 

Selain itu, bagi Anda yang punya budget terbatas, hal ini tentu sangat menguntungkan. Anda bisa membeli rumah lantai 1 saja terlebih dahulu, yang mana harganya jauh lebih terjangkau. 

 

Bagi Anda yang punya budget terbatas, tapi ingin punya rumah sendiri bersama keluarga kecil, Anda bisa gunakan fasilitas KPR Lestari untuk wujudkan rumah impian Anda bersama keluarga. 

Apalagi di bulan ini sedang ada promo Gebyar KPR Lestari dengan bunga mulai 6,5% per tahun. Yuk miliki rumah impian keluarga Anda sekarang juga dengan KPR Lestari! 

Klik link di bawah ini untuk info selengkapnya. 
https://bprlestari.com/kredit/kpr-prima


BERITA LAINNYA

Tips Menyiapkan Kamar yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak

Berapa Harga Tanah di Bali? Simak Tips dan Trik untuk Bisa Punya Tanah di Bali

Menurut Data Badan Pusat Statistik tahun 2021, Bali menduduki peringkat ketujuh sebagai daerah dengan kepadatan penduduk tertinggi. Apalagi tingginya wisatawan serta digital nomads yang datang dan... Selengkapnya

Tips Menyiapkan Kamar yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak

Cocok Buat Nunggu Boarding, Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bandara Ngurah Rai

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri waktu perjalanan memang sulit diprediksi. Terkadang saat kita inisiatif datang lebih awal karena takut ketinggalan pesawat, justru pesawat mengalami... Selengkapnya

Tips Menyiapkan Kamar yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak

Siaran Pers: Klarifikasi atas Tuduhan Tindak Pidana Perbankan terhadap Direktur Bank BPR Lestari

Denpasar, 23 November 2023 - Berkenaan dengan adanya Laporan Nomor LP/B/0612/X/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI tertanggal 25 Oktober 2022 yang diajukan oleh HKS terkait dugaan tindak pidana kejahatan... Selengkapnya