24 August 2022

Berapa Porsi Cicilan yang Ideal? Ketahui Porsi Cicilan yang Ideal dengan Cara Ini!

Berapa Porsi Cicilan yang Ideal? Ketahui Porsi Cicilan yang Ideal dengan Cara Ini!

Kredit menjadi salah satu langkah untuk meringankan kebutuhan, khususnya kebutuhan yang mendesak. Namun jika tidak digunakan secara bijak, kredit bisa memberikan pengaruh buruk pada keuangan Anda.

Menurut buku “Perencanaan Keuangan Keluarga” dari OJK, besaran utang sebaiknya tidak lebih dari 35% dari penghasilan. Anda juga sebaiknya tetap mempertimbangkan untuk menabung dari penghasilan meski sedang terbebani kredit.

 

Namun setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda, inilah cara mengetahui porsi cicilan yang ideal untuk Anda. 

1. Hitung Jumlah Pinjaman yang Anda Butuhkan
Menghitung jumlah pinjaman yang dibutuhkan sangatlah penting. Sebaiknya dilakukan penghitungan total pinjaman secara rinci dan kemana uang tersebut akan dialokasikan. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda terhindar dari kemunculan pinjaman baru di kemudian hari atau “gali lubang, tutup lubang" karena porsi cicilan yang terlalu berlebih. 

2. Hitung Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan
Pemasukan dan pengeluaran bulanan juga harus diperhitungkan untuk mengetahui porsi cicilan yang ideal untuk Anda. Menghitung pemasukan dan pengeluaran bulanan juga dilakukan untuk mengukur kemampuan Anda membayar pinjaman. Pastikan pengeluaran Anda di luar cicilan tidak melebihi dari 60% pemasukan Anda. 

 

Jika Anda sudah melakukan dua hal di atas, Anda akan bisa menentukan porsi cicilan yang ideal dilihat dari penghasilan, pengeluaran, dan besaran pinjaman yang Anda butuhkan. 

Lalu bagaimana jika cicilan sudah terlanjut membengkak dan mempengaruhi keuangan bulanan? Anda bisa mencari solusi dengan memindahkan fasilitas kredit Anda ke bank lain yang memungkinkan Anda untuk mengelola kembali cicilan Anda. Misal, mengatur suku bunga dan mengatur jangka waktu kembali.

Kredit Multiguna Prima bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mengelola cicilan bulanan agar menjadi lebih ringan. Dengan Kredit Multiguna Prima Anda bisa ringankan cicilan hingga 50% dengan take over kredit yang bebas biaya provisi! 

 

Yuk ringankan cicilan Anda sekarang. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Klik di sini


BERITA LAINNYA

Berapa Porsi Cicilan yang Ideal? Ketahui Porsi Cicilan yang Ideal dengan Cara Ini!

Keuntungan Menjadi Nasabah Prioritas yang Perlu Kita Ketahui!

Menjadi nasabah prioritas, memberikan prestige tersendiri bagi sebagian masyarakat. Memiliki label nasabah prioritas ini biasanya membuat kita berada di level yang berbeda di jasa perbankan yang... Selengkapnya

Berapa Porsi Cicilan yang Ideal? Ketahui Porsi Cicilan yang Ideal dengan Cara Ini!

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, Bank Lestari Bali (BPR) Adakan Pelatihan Melalui Sekolah PKH

UMKM menjadi salah satu pilar perekonomian yang diharapkan dapat bertumbuh dan mendongkrak perekonomian Indonesia di masa-masa sulit sekalipun. Berangkat dari harapan tersebut, Bank Lestari Bali... Selengkapnya

Berapa Porsi Cicilan yang Ideal? Ketahui Porsi Cicilan yang Ideal dengan Cara Ini!

Dihujani Penghargaan! Bank Lestari Bali (BPR) Terima Penghargaan ke-6 di Tahun 2022

Setelah mendapatkan 5 penghargaan di sepanjang tahun 2022, Bank Lestari Bali (BPR) kembali mendapatkan penghargaan di penghujung tahun. Kali ini, Pefindo Credit Bureau menobatkan Bank Lestari Bali... Selengkapnya